Manfaat Chia Seeds untuk Kesehatan
Tips Sehat

11 Manfaat Chia Seeds untuk Kesehatan

menuramadhan.com

Chia seeds merupakan biji-bijian yang dapat dimakan dari tanaman Salvia hispanica. Biji Chia atau chia seeds adalah salah satu sumber makanan sehat karena memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan otak. Manfaat chia seeds tentu saja dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsinya. Ada beberapa cara konsumsi chia seeds, misalnya menggunakannya sebagai taburan makanan. Rasa dari chia seeds sendiri hampir tidak mempunyai rasa. Sehingga, penambahan chia seeds ke dalam makanan tidak akan merusak rasa asli dari makanan tersebut.

Manfaat Chia Seeds untuk Kesehatan

Setidaknya ada 11 manfaat chia seedssebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh dan baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat chia seeds untuk kesehatan? Berikut daftar manfaat dari biji chia tersebut berdasarkan healthline.

1. Mengandung Banyak Nutrisi dan Sedikit Kalori

Beberapa tahun terakhir, chia seeds sangat populer dan dikonsumsi sebagai sumber makanan modern yang sehat. Nyatanya, biji Chia sudah dikenal sebagai biji-bijian yang dapat memberikan energi di masa peradaban Suku Aztec dan Maya. Kata Chia sendiri berasal dari Bahasa Maya kuno yang berarti “kekuatan”.

Chia seeds dikenal dengan kandungan serat, protein, asam lemak omega-3, dan berbagai mikronutrien. Dalam dua sendok makan biji chia mengandung 11 gram serat, 4 gram protein, dan 9 gram lemak (termasuk omega-3). Selain itu juga memuat kandungan 18% kalsium, 30% mangan, 30% magnesium, dan 27% fosfor (persentase dari referensi asupan harian). Kandungan lain dari chia seeds memuat vitamin B3 (niasin), kalium, vitamin B1, dan vitamin B2. Sedangkan kalori dalam dua sendok makan chia seeds adalah sekitar 101 kalori.

2. Kaya Antioksidan

Antioksidan dalam biji chia mempunyai peran melindungi lemak sensitif dalam biji agar tidak tengik. Konsumsi antioksidan yang terkandung dalam bahan makanan dapat memberikan efek positif bagi kesehatan. Peran antioksidan dikenal untuk melawan produksi radikal bebas yang dapat merusak molekul sel penyebab penuaan dan penyakit kanker.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa antioksidan memiliki manfaat untuk menghambat penuaan dan mengurangi resiko terkena kanker. Jadi salah satu manfaat chia seeds untuk kesehatan dapat sebagai sumber bahan makanan yang kaya antioksidan.

3. Kaya Serat

Kandungan serat dari Biji Chia mencapai 40% dari beratnya. Jumlahtersebut menjadikan chia seeds sebagai salah satu sumber serat terbaik. Serat larut yang tinggi dari biji chia membuatnya mampu menyerap air hingga 10-12 kali beratnya saat direndam. Chia seeds yang direndam akan membesar dengan membentuk seperti lapisan gel.

Secara teori, konsumsi rendaman biji chia dapat meningkatkan rasa kenyang dan memperlamat penyerapan makanan sehingga membantu makan lebih sedikit kalori. Sehingga, cara ini dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk menurunkan berat badan.

Dalam dua sendok makan biji chia terdapat 12 gram karbohidrat. Di mana 11 gram diantaranya merupakan serat yang tidak dicerna oleh tubuh. Serat tidak meningkatkan gula darah atau membutuhkan insulin untuk dibuang. Selain itu, serat juga memberi makan bakteri yang baik di usus.

4. Mengandung Protein Berkualitas Tinggi

Chia seeds mengandung sejumlah protein yang cukup. Kandungan protein dalam biji chia seeds mencapai sekitar 14% dari beratnya. Jumlah tersebut sangat tinggi dibanding kebanyakan tanaman lainnya. Protein dari biji chia memiliki keseimbangan asam amino esensial yang baik. Sejauh ini, protein merupakan nutrisi diet yang paling ramah untuk menurunkan berat badan. Asupan protein yang tinggi dapat menurunkan nafsu makan.

Singkatnya, biji chia dapat menjadi sumber protein yang sangat baik, terutama bagi vegetarian.

5. Cocok Bagi yang Sedang Melakukan Diet

Manfaat chia seeds untuk kesehatan berikutnya adalah sebagai penambah sumber makanan bernutrisi yang cocok untuk program diet. Diet sering dikaitkan sebagai program untuk menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun perlu memperhatikan bahwa tubuh selalu membutuhkan nutrisi dari makanan. Diet yang baik untuk menurunkan badan adalah dengan mengatur asupan makanan. Sehingga, program diet untuk menurunkan berat badan tidak akan mencelakakan diri sendiri.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa chia seeds mengandung serat, protein berkualitas, dan berbagai mikronutrien. Dengan demikian, chia seeds dapat dijadikan tambahan menu dalam program diet yang sedang kamu lakukan. Kandungan berbagai nutrisi dalam biji chia dapat membantu agar tubuh tetap ternutrisi.

Baca Juga: Kandungan dan Khasiat Jeruk Nipis

6. Tinggi Asam Lemak Omega-3

Chia seeds mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Bahkan, biji chia mengandung lebih banyak omega-3 daripada salmon dengan ukuran gram yang sama. Namun sebagian besar omega-3 dari chia seeds merupakan ALA (asam alfa-linoleat). Di mana ALA tidak dapat langsung digunakan oleh tubuh. Jenis omega-3 yang digunakan oleh tubuh adalah EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid).

EPA dapat dihasilkan dari biji chia dengan cara menggilingnya. Namun biji chia tidak dapat menyediakan DHA (lemak omega-3 paling penting). Ahli gizi menganggap biji chia sebagai sumber omega-3 berkualitas rendah. DHA yang dibutuhkan tubuh dan otak dapat diperoleh melalui konsumsi ikan berlemak secara teratur atau minum minyak ikan.

Sehingga, omega-3 nabati cenderung jauh lebih rendah daripada sumber hewani seperti minyak ikan.

7. Banyak Nutrisi Penting untuk Tulang

Nutrisi dalam biji chia yang baik untuk tulang adalah kalsium, fosfor, magnesium, dan protein. Kandungan kalsium dari biji chia mencapai 18% dari referensi asupan harian untuk setiap 28 gram. Sehingga biji chia dapat dianggap sebagai sumber kalsium yang sangat baik bagi orang yang tidak konsumsi produk susu.

Namun, biji chia mengandung asam fitat yang mengurangi penyerapan kalsium sampai batas tertentu.

8. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Chia seeds mengandung serat, protein berkualitas, dan omega-3 yang tinggi. Kandungan nutrisi tersebut disebut dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa chia seeds secara signifikan dapat mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi. Di mana hipertensi merupakan faktor risiko kuat untuk penyakit jantung.

Dengan demikian, ada kemungkinan bahwa chia seeds dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Namun tidak akan memberikan efek besar, kecuali jika disertai dengan pola makan dan gaya hidup sehat lainnya.

9. Dapat Mengurangi Kadar Gula Darah

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji chia dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah. Chia seeds dapat menstabilkan kadar gula darah setelah makan.

Sedangkan beberapa penelitian pada manusia menunjukkan bahwa makan roti yang mengandung biji chia dapat menurunkan kenaikan gula darah setelah makan dibandingkan dengan roti yang tidak mengandung chia. Sehingga, konsumsi Chia Seeds disebut-sebut dapat membantu mengontrol/menjaga gula darah (jurnal pangan).

10. Dapat Mengurangi Peradangan Kronis

Peradangan adalah respon dari tubuh yang mengalami infeksi atau cedera. Peradangan kronis dapat terjadi karena kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, kurang olahraga, atau pola makan buruk.

Salah satu manfaat dari chia seeds adalah dapat mengurangi peradangan kronis. Hal tersebut sesuai dari satu studi 3 bulan pada 20 orang dengan diabetes yang menunjukkan bahwa makan 37 gram biji chia setiap hari mengurangi penanda inflamasi hs-CRP sebesar 40%. Sebaliknya, mereka yang mendapat dedak gandum tidak merasakan manfaat yang signifikan.

11. Cara Konsumsi yang Mudah

Rasa dari chia seeds cenderung tidak berasa atau hambar. Mencampur biji chia pada bahan makanan lain tidak akan mengubah rasa makanannya. Sehingga, chia seeds dapat dikonsumsi bersama makanan lain seperti bubur, puding, atau smoothie dengan menjadikan chia seeds sebagai taburan.

Rekomendasi dosis yang umum dari konsumsi chia seeds adalah 20 gram (sekitar 1,5 sendok makan) biji chia untuk dua kali sehari. Itulah tadi 11 manfaat chia seeds untuk kesehatan, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Perbedaan Chia Seeds dan Biji Selasih

1 Comment

  1. […] Baca Juga: Hidup Sehat dengan Mengambil Manfaat dari Chia Seeds […]

Leave A Comment