Cara Membuat Whip Craem
Koleksi Resep

Coba Resep Cara Membuat Whip Cream Tanpa Mixer dari Devina Hermawan

menuramadhan.com

Cara membuat wihip cream ternyata mudah untuk dilakukan, bahkan untuk pemula. Selain mudah, cara membuat whip cream dapat dilakukan hanya dengan tiga bahan saja. Ketiga bahan yang dibutuhkan pada cara membuat whip cream adalah krimer (non dairy creamer), gula halus, air es, dan air lemon. Pembuatan whip cream pada resep ini semakin mudah untuk dicoba karena tidak perlu menggunakan mixer dan tanpa emulsifier (SP, TBM, dan ovalet).

Resep whip cream ini didapat dari kanal youtube Devina Hermawan, salah satu peserta masterchef season 5. Melalui kanal youtube miliknya, Ci Devina mempraktekan cara membuat whip cream dengan cukup mudah dengan waktu yang singkat. Bahkan, berdasarkan keterangannya waktu yang dibutuhkan untuk membuat whip cream dengan cara ini hanya perlu 1 menit saja.

Hasil Whip Cream yang Diperoleh

Sebanarnya, di pasaran banyak dijual whip cream instan yang mengolahnya cukup mudah. Ada tiga bentuk whipped cream yang biasa dijual di pasaran yaitu whip cream dengan bntuk bubuk, cair, dan siap pakai. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, ada yang murah dan cukup mahal. Whip cream ini bianya digunakan untuk hiasan kue dan minuman.

Devina Hermawan membagi cara membuat whipped cream dengan bahan utama krimer. Menjawab rasa penasaran itu, admin mencoba untuk praktik cara membuat whip cream dari resep yang dibagikannya. Dan ternyata hasilnya tidak mengecewakan. Bahkan, sepertinya whip cream ini sangat bisa dilakukan oleh pemula.

Berikut ini adalah hasil whip cream yang dibuat dengan resep yang akan dibagikan di bawah.

Cara Membuat Whip Craem

Setelah dipraktekkan, ternyata memang cukup mudah. Ditambah biaya yang dikeluarkan untuk membuat whipped cream ini lebih murah dari membeli kemasan langsungnya. Sehingga, resep dan cara membuat whip cream ini patut dicoba.

Baca Juga: Perbedaan Chia Seeds dan Bijij Selasih

Bahan dan Cara Membuat Whip Cream

Daftar bahan yang dibutuhkan untuk membuat Whipped Cream Krimer untuk hasil 1 bowl/mangkuk:

  • 150 gr krimer
  • 75 gr air dingin (lebih baik gunakan air es)
  • 30 gr gula halus
  • 10 sdm air perasan lemon

Krimer yang digunakan pada resep ini adalah non diary creamer (krimer non susu). Biasanya krimer jenis ini dugunakan sebagai campuran kopi atau minumam boba. Ada beberapa mrek seperti Kapal Api Krim Kafe atau Nestle Coffee-mate Krimer. Pada percobaan cara membuat whip cream di sini digunakan krimer dari Kapal Api Krim Kafe .

Langkah-langkah:

  1. Campurkan krimer dan gula halus kemudian aduk sampai rata
  2. Tambahkan air es ke dalam campuran krimer dan gula halus, kemudian aduk lagi sampai semua tercampur baik
  3. Masukkan air perasan lemon perlahan hingga mengental, lalu kocok menggunakan balloon whisk hingga kaku
  4. Whipped Cream siap digunakan

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Carang Gesing (Jajanan Tradisional yang Mudah Dibuat dalam Waktu Singkat)

Tips yang Mungkin Dibutuhkan

Beberapa poin penting yang perlu diperhatikan pada pembuatan whip cream ini adalah air dingin. Di mana air dingin yang digunakan sebaiknya benar-benar dingin, atau gunakan air es. Penggunaan air dingin akan sangat membantu proses whip cream agar dapat menjadi kental/kokoh.

Campuran krimer, gula halus, dan air dingin/es pada awalnya memang bertekstur encer dan seperti tidak sesuai harapan. Namun jangan khawatir, setelah menambahkan air perasan lemon, whip cream yang kokoh akan segera terbentuk.

Setelah menuangkan air lemon ke dalam campuran kocok campuran dengan ballon whisk. Ballon whisk adalah peralatan masak yang terbuat dari kawat stainless yang lebih kaku. Bentuknya seperti kocokan di mixer yang menyerupai bentuk balon (oval).

Jangan terpaku pada waktu satu menit dalam membuat adonan menjadi kokoh. Lakukan saja sampai adonan whip cream menjadi kokoh. Berdasarkan pengalaman, kecepatan memutar ballon whisk sebaiknya sedang sampai tinggi semampu kalian. Perlahan, adonan akan mengental dan menjadi kokoh dan siap digunakan

Keterangan lain dari Devina Hermawan yang bisa menjadi tambahan:

  • Bisa simpen berapa lama di kulkas (bukan pada bagian freezer), kalau lebih dari sehari teksturnya jadi sedikit pecah harus di-whisk lagi dengan sedikit susu kental manis
  • Air lemon bisa diganti jeruk nipis tapi rasa asam lebih tajam
  • Tidak disarankan pakai cream tartar karena cream of tartar 1-2 sdt saja tidak cukup
  • Whip cream bisa buat cheesecake karena rasanya memang cocok dengan profil creamcheese
  • Bisa jadi filling donat, dicampur lagi dengan pastry cream/fla kental
  • Bisa pakai mixer kecepatan sedang-tinggi

Deimkian tadi coba resep dan cara membuat whip cream homemade tanpa mixer dan SP dari Devina Hermawan. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Sumber: Resep Whip Cream! oleh Devina Hermawan

Leave A Comment