Efek Samping Jeruk Nipis
Tips Sehat

Efek Samping Jeruk Nipis, Jangan Berlebihan!

menuramadhan.com

menuramadhan(dot)com – Jeruk nipis dikenal memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan atau kecantikan. Rasa masam jeruk nipis membuatnya jarang dikonsumsi secara langsung. Cara paling umum untuk mengkonsumsi jeruk nipis adalah dengan memeras jeruk nipis, kemudian ditambah air dan sedikit gula. Selain cara itu, kamu juga dapat memanfaatkan campuran irisan jeruk nipis dan potongan buah lain yang direndam dalam air mineral. Dengan begitu, cukup bagi kamu untuk bisa mendapatkan manfaat jeruk nipis. Namun, apakah kamu tahu kalau ada efek samping jeruk nipis yang dapat timbul?

Segudang manfaat yang dimiliki jeruk nipis tidak lantas menjadikan jeruk nipis sebagai buah tanpa dosa. Nyatanya, jeruk nipis juga dapat berdampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini adalah beberapa masalah yang dapat timbul akibat mengkonsumsi jeruk nipis terlalu banyak.

Efek Samping Jeruk Nipis

Memicu Asam Lambung Naik

Efek samping jeruk nipis pertama adalah dapat memicu asam lambung naik.

Jeruk nipis mengandung asam sitrat lebih banyak dibanding buah jeruk lain yang rasanya manis. Asam pada jeruk nipis bisa memicu asam lambung naik. Pada kasus ringan, kebanyakan konsumsi makanan asam, seperti minum air jeruk nipis bisa menyebabkan perut mulas terutama pada orang dengan pencernaan sensitif. Asam lambung yang naik akan membuat kamu tidak nyaman dengan merasakan sakit perut sakit, terasa kembung dan penuh, mual, dan sering sendawa.

Untuk itu jumlah konsumsi jeruk nipis haru dalam batas wajar dan tidak berlebih. Selain konsumsi dalam jumlah wajar, sebaiknya kamu juga menghindari konsumsi jeruk nipis ketika perut masih kosong.

Orang dengan masalah refluks asam lambung, GERD (Gastroesophageal reflux disease), atau masalah pencernaan lainnya sebaiknya menghindari minuman asam ini supaya gejala tidak muncul ataupun bertambah parah.

Baca Juga: Kandungan dan Khasiat Jeruk Nipis

Menyebabkan Gigi Rusak

Makanan asam dan manis adalah musuh bagi gigi. Enamel yang melindungi gigi bisa menipis karena makanan atau minuman dengan pH 4, seperti jeruk nipis. Bila enamel gigi semakin menipis tentu akan membuat gigi jadi mudah rapuh, sehingga gigi akan mudah sekali keropos.

Jadi, supaya asam dari jeruk nipis yang menempel di gigi, lidah, dan mulut hilang, sebaiknya segera minum segelas air putih atau berkumur air beberapa kali setelah minum air jeruk alit.

Perlu diingat juga agar tidak menggosok gigi langsung setelah minum air jeruk nipis. Karena hal tersebut tidak membantu menghilangkan asam, namun malah akan semakin meningkatkan kadar asam dalam mulut. Gesekan dari sikat gigi juga memungkinkan mengikis enamel gigi lebih besar. Setidaknya, tunggu satu jam setelah minum air jeruk nipis jika ingin menggosok gigi.

Iritasi Ringan pada Kulit Wajah

Selain mempunyai manfaat untuk sisi kesehatan, jeruk nipis juga dikenal manfaatnya untuk sisi kecantikan. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis banyak dipercaya dapat mencerahkan wajah.Namun, pada jenis kulit sensitif dan penggunaan yang berlebihan dapat menimbulkan iritasi ringan. Efek samping jeruk nipis yang timbul akibat penggunaan pada wajah yang tidak tepat adalah timbul kemerahan pada wajah serta gatal dan muncul reaksi iritasi.

Jika kondisi tersebut kami alami, sebaiknya segera hentikan penggunaan jeruk nipis pada wajah.

Itulah tadi beberapa efek samping yang dapat timbul karena konsumsi jeruk nipis secara berlebihan. Jadi, konsumsilah jeruk nipis secara wajar untuk mendapatkan manfaatnya. Salam hidup sehat.

Baca Juga: Kombinasi Jeruk Nipis dan Potongan Buah Lain dalam Infused Water

Leave A Comment