Kandungan Gizi Jeruk Nipis
Uncategorised

Kandungan dan Khasiat Jeruk Nipis

menuramadhan.com

menuramadhan.com – Jeruk terdiri dari berbagai jenis dengan berbagai rasa. Namun karakteristik dari buah jeruk adalah masam. Salah satu jenis tumbuhan jeruk yang sangat masam seperti jeruk nipis atau yang cukup sering kita kenal sebagai jeruk pecel. Meskipun memiliki rasa yang sangat masam, nyatanya jeruk nipis membawa banyak manfaat atau khasiat. Khasiat jeruk nipis ini tak lepas dari kandungan jeruk nipis yang ada di dalamnya. Apa saja kandungan jeruk nipis? Dan apa saja manfaatnya? Kalian dapat mencari tahunya pada ulasan di bawah.

Sebelum ke kandungan dan khasiat jeruk nipis, kenali dulu tumbuhan jeruk secara umum. Tumbuhan jeruk pada umumnya dapat tumbuh baik di dataran rendah (lahan basah) dan dataran tinggi. Tempat tumbuh terbaik tumbuhan jeruk adalah pada elevasi 800 – 1500 meter dari permukaan laut (mdpl). Namun, hal itu juga masih dipengaruhi kondisi cuaca suatu daerah. Di daerah subtropis, tanaman jeruk ditanam di dataran rendah sampai ketinggian 650 mdpl. Sedangkan di daerah khatulistiwa, tanaman jeruk dapat ditanam sampai ketinggian 2.000 mdpl. Biasanya, tumbuhan jeruk yang tumbuh pada ketinggian di atas 900 mdpl rasanya asam, seperti jeruk nipis.

Kandungan Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah salah satu jenis tumbuhan jeruk yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Tempat tumbuh yang baik untuk tanaman jeruk nipis pada daerah dengan ketinggian 10 – 1000 mdpl, di tanah alkali, dan pada tempat – tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Makanan dengan rasa masam biasanya dikenal memiliki kandungan vitamin C, seperti yang terdapat pada kandungan dalam jeruk nipis. Dalam 100 gram jeruk nipis, kandungan Vitamin C pada jeruk nipis (rata – rata) adalah 27,00 mg. Selain vitamin C, kandungan lain dalam jeruk nipis juga terdapat asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1.

Selain berbagai vitamin yang telah disebutkan di atas, jeruk nipis juga mengandung bahan yang memiliki manfaat baik lainnya, seperti flavonoid, poncirin, hesperidin, rhoifolin dan naringin.

Berdasarkan penelitian, flavonoid adalah jenis bahan yang memiliki banyak fungsi diantaranya adalah sebagai antioksidan, melindungi struktur sel, memaksimalkan manfaat vitamin C, mencegah keropos tulang, serta sebagai antibiotik dan anti inflamasi. Kandungan flavonoid inilah yang kemudian banyak dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk membuat produk kecantikan.

Tak hanya bermanfaat pada bidang kecantikan, kandungan jeruk nipis membuat berbagai manfaat untuk kesehatan. Sebagai apa saja manfaat jeruk nipis untuk kecantikan? Sebagai apa saja manfaat jeruk nipis untuk kesehatan? Kumpulan beberapa khasiat jeruk nipis diberikan seperti berikut.

Khasiat Jeruk Nipis

Kandungan gizi yang terdapat pada jeruk nipis membuat jeruk nipis memiliki banyak khasiat. Berikut ini adalah kumpulan beberapa khasiat jeruk nipis.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Jeruk nipis diketahui mengandung vitamin C, flavonoid, dan antioksidan yang memperkuat kolagen. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit. Sehingga, jeruk nipis banyak digunakan manfaatnya untuk membuat berbagai jenis produk perawatan kulit agar wajah menjadi tampak lebih mudah dan tentu saja tetap sehat.

Manfaat jeruk nipis tersebut juga dapat didapatkan secara langsung dari jeruk nipis. Konsumsi langsung minuman air jeruk nipis dapat membuat kita memperoleh manfaat yang sama.

2. Meningkatkan Kerja Pencernaan

Kandungan asam pada jeruk nipis dapat membantu air liur memecah makanan sehingga pencernaan yang dilakukan di tubuh lebih baik. Kandungan ini tepat digunakan untuk seseorang yang mengalami sembelit. Keasaman jeruk nipis dapat membersihkan sistem ekskretoris dan merangsang aktivitas usus, sehingga penderita sembelit dapat BAB secara lancar.

3. Menurunkan Berat Badan

Anda merasa gemuk? Coba manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Air jeruk nipis memiliki manfaat juga untuk mengontrol berat badan. Asam sitrat yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme, membakar kalori, dan lemak. Rutinkan untuk meminum segelas air jeruk nipis di pagi hari. Dan coba lihat apa yang terjadi pada tubuh Anda, semoga lekas mendapat berat badan ideal yang Anda inginkan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem imun tubuh adalah sistem dalam tubuh untuk terhindar dari berbagai jenis penyakit, seperti pilek, flu, batuk, dan lain sebagainya.

Kandungan Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis juga dapat membantu tubuh dalam menjaga sistem imun. Selain itu, kandungan vitamin C pada jeruk nipis juga akan meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit. Manfaat yang akan didapat adalah mempersingkat lama waktu kita saat sakit.

5. Mencegah Kanker

Pertumbuhan sel mematikan dalam tubuh juga dapat dicegah melalui konsumsi air jeruk nipis. Sidat antioksidan dalam air jeruk nipis meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Sehingga, meminum air jeruk nipis dapat menurunkan risiko penyakit serta melawan penyakit itu. Jadi, tunggu apa lagi, jangan lupa minum air jeruk nipis hari ini.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Gula darah yang berlebih dalam tubuh dapat membuat seseorang terkena diabetes. Banyaknya kandungan gula pada bahan makanan kita sehari – hari perlu diwaspadai agar kadar gula darah dalam tubuh tetap normal. Cara menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dapat melalui konsumsi vitamin C.

Sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, jeruk nipis mempunyai banyak manfaat untuk penderita diabetes. Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengatur tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah.

7. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Aliran darah yang tidak lancar ke darah dapat membuat seseorang terkena serangan jantung. Salah satu penyebab aliran darah tidak lancar adalah adanya kadar kolesterol yang tidak normal. Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi pada organ hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kandungan kolesterol berlebih akan menumpuk dalam pembuluh darah sehingga membuat aliran darah menjadi tidak lancar.

Berbagai studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah – buahan dan sayur yang tinggi vitamin C – nya akan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Satu buah jeruk nipis atau lemon rata – rata menyediakan 30.7 mg vitamin C, kurang lebih 50% asupan harian.

Selain itu, jeruk nipis memiliki sumber magnesium dan kalium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kalium dalam tubuh dikenal memiliki peran dalam membantu membangun dan menggerakkan otot -otot, memungkinkan ginjal untuk menyaring darah, mensintesis protein, mengatur aktivitas elektrik jantung, menjaga volume cairan tubuh dan menjaga agar sel berfungsi normal. Jadi, kalium dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan melancarkan sirkulasi darah. Keberadaan kalium akan membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Itulah tadi ulasan kandungan dan khasiat jeruk nipis. Jenis buah yang cukup mudah kita temukan di pasar dan juga cukup mudah untuk ditanam sendiri di rumah, ayo hidup sehat!

3 thoughts on “Kandungan dan Khasiat Jeruk Nipis

  1. Bumi

    Kelihatannya enak

Leave A Comment