khasiat air kelapa muda
Uncategorised

Khasiat Air Kelapa Muda yang Perlu Kamu Tahu

menuramadhan.com

menuramadhan(dot)com – Air kelapa muda banyak digemari masyarakat karena memiliki rasa gurih dan menyegarkan. Selain diambil manfaat airnya, buah kelapa muda juga bisa diambil manfaatnya. Buah kelapa muda juga banyak dimanfaatkan untuk campuran berbagai jenis es, misalnya es teler. Lebih dari itu, kandungan gizi dalam air kelapa muda ternyata membuat buah ini memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Beberapa khasiat air kelapa muda dapat berguna untuk kesehatan tubuh atau bahkan untuk kecantikan tubuh.

Kandungan gizi yang terdapat pada air kelapa muda meliputi vitamin B1, vitamin B7 (asam folat), dan vitamin C. Selain itu, di dalam air kelapa muda juga terdapat kalium, natrium, magnesium, mangan, tembaga, selenium, zat besi, dan fosfor. Banyaknya kandungan gizi yang terkandung dalam air kelapa muda membuat minuman menyegarkan ini kaya manfaat. Apa saja khasiat air kelapa muda untuk kebaikan tubuh? Simak beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari air kelapa muda.

khasiat air kelapa muda

Menghidrasi tubuh dengan baik

Khasiat air kelapa muda pertama adalah dapat menghidrasi tubuh dengan baik. Air kelapa mengandung berbagai mineral alami yang disebut juga dengan elektrolit dengan jumlah lebih banyak dari air putih. Keberadaan elektrolit dalam tubuh manusia berperan dalam regulasi cairan tubuh manusia yang mempengaruhi metabolisme.

Dehidrasi adalah kondisi dalam tubuh yang mengalami kurang cairan. Penyebabnya bisa beragam, seperti terlalu lama berolahraga, kurang minum, atau terlalu lama bekerja. Cara mengatasi dehidrasi dapat melalui konsumsi air putih. Namun, beberapa ahli gizi menganjurkan untuk minum air kelapa muda untuk menghidrasi tubuh dengan baik.

Air kelapa muda asli mengandung sodium yang rendah dan potasium yang tinggi. Kandungan dalam air kelapa muda tersebut dapat memberi manfaat untuk mengisi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Bagus untuk kamu yang sedang diet

Air kelapa diketahui memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, potassium, enzim, asam amino, rendah kalori, dan memiliki efek antioksidan. Sebagai minuman rendah kalori, air kelapa cocok disertakan dalam menu diet sehat kamu. Segarnya air kelapa muda bisa menjadi pengganti minuman manis dan bersoda. Sehingga, air kelapa bisa disertakan juga dalam menu diet sehat kamu agar kamu tetap bisa menikmati makanan.

Menjaga kesehatan kulit

Salah satu khasiat air kelapa muda yang dikenal masyarakat adalah membersihkan racun. Air kelapa muda dapat membersihkan racun yang terdapat pada jaringan kulit. Sehingga, kulit tubuh dan wajah menjadi lebih bersih, cerah dan berkilau. Konsumsi air kelapa secara rutin bisa membuat kulit menjadi cerah secara alami. Rutin konsumsi air kelapa muda secara cukup adalah salah satu cara untuk mendapatkan manfaatnya.

Mengandung antioksidan yang baik dalam mencegah penuaan dini

Dalam air kelapa muda terkandung sitokinin, yaitu salah satu hormon pertumbuhan dalam air kelapa. Fungsi dari sitokinin tersebut adalah mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Dengan demikian, rutin minum air kelapa muda bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penuaah dini. Air kelapa muda akan membantu proses peremajaan kulit berjalan dengan lebih cepat dan lebih baik.

Mengurangi tekanan darah tinggi

Air kelapa muda diketahui kaya akan mineral kalium dengan kandungan 600 mg dalam 240 mL. Kandungan air mineral kalium tersebut dapat berefek dalam menurunkan tekanan darah, baik pada individu dengan tekanan darah tinggi maupun normal.

Membantu menstabilkan kadar gula darah

Konsumsi air kelapa muda dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Kondisi tersebut dapat mengurangi kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe dua dan pra-diabetes. Sehingga, mengkonsumsi air kelapa muda dapat memperbaiki kadar gula darah. Perlu diingat, bahwa kondisi tersebut hanya berlaku untuk seseorang dengan kadar gula terkontrol. Penderita diabetes yang kadar gula darahnya tidak terkontrol dianjurkan agar tidak minum air kelapa muda. Karena bisa menyebabkan kenaikan kadar gula darahnya secara drastis.

Baik untuk kesehatan ginjal

Ginjal adalah organ yang kaya akan pembuluh darah. Di dalam ginjal terdapat proses penyaringan darah dari zat – zat yang beracun dan tidak berguna bagi tubuh. Kondisi ginjal dipengaruhi oleh kondisi tubuh lain, misalnya tekanan darah dan kadar gula darah. Tingginya tekanan darah seseorang dapat memperburuk kondisi ginjal karena ginjal akan bekerja lebih keras. Begitu juga dengan kadar gula berlebih dalam darah

Sebelumnya, disebutkan bahwa tekanan darah tinggi dan kadar gula darah dapat diturunkan menggunakan air kelapa muda. Dengan demikian, air kelapa dapat memberikan dampak untuk ginjal melalui beberapa cara tersebut (sumber: sehatQ).

Namun perlu juga diperhatikan untuk seseorang dengan kondisi ginjal yang kurang baik. Coba tanyakan dokter kamu mengenai kemungkinan tersebut.

Membantu mengontrol kolesterol

Kolesterol jahat bisa diturunkan dan kolesterol baik bisa ditingkatkan melalui konsumsi air kelapa muda yang masih segar secara rutin. Pernyataan tersebut sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh tim Food and Chemical Technology. Air kelapa mengandung anti oksidan, vitamin, magnesium, asam amino, mangan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kandungan gizi air kelapa muda disebut – sebut bisa membantu menyeimbangkan kadar kolesterol tubuh dengan efektif.

Menjaga kesehatan jantung

Kolesterol jahat memberikan pengaruh buruk untuk jantung. Sehingga, kadar kolesterol normal akan berdampak baik untuk kesehatan jantung. Sebelumnya dikatakan bahwa air kelapa muda dapat ikut membantu dalam mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga, air kelapa muda dapat pula ikut menjaga kesehatan jantung.

Namun, konsumsi air kelapa muda tidak boleh secara berlebihan. Konsumsi air kelapa muda yang berlebih malah justru akan membahayakan jantung (sumber: doktersehat).

Konsumsi air kelapa muda secara berlebih dapat meningkatkan kandungan kalium dalam darah. Kandungan kalium yang tinggi di dalam air kelapa dapat membuat tingginya kadar kalium di dalam darah (hiperkalemia). Kondisi hiperkalemia ini dapat memicu gangguan irama jantung, yang berpotensi mengancam nyawa.

Menetralisir racun dalam tubuh

Dalam air kelapa muda terkandung jumlah elektrolit yang lebih banyak daripada air putih, jus buah, atau minuman olahraga lainnya. Banyaknya jumlah elektrolit dalam air kelapa muda tersebut akan membantu proses detoksifikasi. Proses detoksifikasi adalah lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh. Caranya melalui penyerapan, distribusi, biotransformasi dan ekskresi molekul toksin. Selain itu, rasa manis – gurih alami dari air kelapa muda dapat membantu meningkatkan energi tubuh kamu.

Meningkatkan sistem imun tubuh

Berbagai kandungan gizi pada air kelapa muda baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun yang baik akan membuat seseorang menjadi tidak mudah jatuh sakit. Selain itu, air kelapa juga dapat melawan virus yang menyebabkan demam, tifus, dan infeksi.

Itulah informasi dari khasiat air kelapa muda untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar. Untuk mendapatkan manfaat dari air kelapa muda, kamu hanya perlu cukup konsumsi satu gelas per hari. Konsumsi air kelapa yang berlebihan justru akan memicu kesehatan menjadi buruk. Salam hidup sehat!

Baca Juga: Minuman Sehat – Infused Water

Leave A Comment