Macam - Macam Ikan Teri
Uncategorised

3 Macam Ikan Teri yang Perlu Kamu Tahu Bedanya

menuramadhan.com

Ikan teri cukup mudah dijumpai di pusat perbelanjaan bahan makanan sehari – hari. Terdapat macam – macam ikan teri yang dapat ditemui di pasar. Pada umumnya, bentuk ikan teri dapat dikenali dari ukurannya yang kecil dan biasanya dijual dalam bentuk kering. Bentuk ikan teri memang kecil namun manfaatnya melebihi ukurannya. Beberapa manfaat ikan teri bagi tubuh baik untuk otak, tulang/gigi, dan jantung. Manfaat dari ikan teri ini didapat dari kandungan gizi yang ada pada ikan teri.

Ikan teri baik untuk otak karena mengandung omega 3 – esensial. Kandungan kalsium yang tinggi membuat ikan teri baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta menjaganya. Ikan teri kaya protein dengan kandungan ± 10,3 gram untuk setiap 100 gram ikan teri.

Ikan teri juga dapat berperan dalam mencegah anemia. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang terdapat pada ikan teri. Zat besi juga akan membantu proses penyembuhan pada bagian tubuh yang mengalami luka. Kandungan zat besi pada ikan teri mencapai sekitar 3,9 mg per 100 gram. Ikan teri juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat ikan teri setara dengan ikan tuna, makarel sarden, dan salmon. Ikan teri memiliki kandungan asam lemak omega – 3. Omega 3 inilah yang membantu menjaga kesehatan jantung.

Macam - Macam Ikan Teri

Ikan teri yang biasanya dijual di pasar telah mengalami pengolahan. Ikan teri yang ditangkap dari laut oleh nelayan kemudian direbus dengan larutan garam. Selanjutnya ditiriskan, disortir kemudian dikeringkan. Hingga pada akhirnya berbentuk ikan teri kering yang biasa dijual. Penjualan ikan teri di pusat perbelanjaan pada umumnya sudah dalam bentuk kemasan plastik.

Setidaknya ada 3 macam ikan teri yang banyak ditemukan di pasar. Ketiga macam ikan teri tersebut adalah ikan teri jengki air tawar, ikan teri jengki daging asin, dan ikan teri medan.

Ikan Teri Jengki Belah Tawar

Ikan teri jengki belah memiliki bentuk sangat tipis. Panjang ikan teri ini sekitar 5 – 6 cm. Biasanya ikan teri ini memiliki warna lebih coklat dari jenis ikan teri lain. Banyak olahan makanan dengan bahan jenis ikan teri jengki ini. Beberapa olahan menggunakan ikan teri jengki belah tawar adalah rempeyek, sambal kering, pepes, balado, dan campuran berbagai jenis sayur.

Ikan Teri Jengki Tawar

Ikan Teri Daging Asin

Ikan teri daging asin hampir mirip dengan ikan teri jengki belah tawar. Persamaan dari keduanya terdapat pada panjang ikan yang berkisar antara 5 – 6 cm. Perbedaan keduanya terletak pada bagian tubuh teri daging yang sedikit menggembung. Olahan masakan yang cocok untuk ikan teri ini adalah sambal kering, campuran tumis/sayur, atau campuran nasi goreng.

Ikan Teri Daging Asin

Baca Juga: Resep Sambal Kering Ikan Teri

Ikan Teri Medan

Macam ikan teri yang ketiga adalah ikan teri medan. Dari macam – macam ikan teri, ikan teri medan memiliki bentuk yang sangat mungil, menyerupai nasi. Sehingga ada juga yang menyebutnya sebagai teri nasi. Warna ikan teri medan juga putih, persih seperti nasi. Ukuran ikan teri ini hanya sekitar 1 – 2 cm. Beberapa olahan masakan dengan ikan teri medan meliputi campuran rempeyek atau sambal kering. Pengolahan ikan teri medan dengan sambal kering biasanya dicampur dengan kacang tanah. Kombinasi dua bahan tersebut untuk sambal kering akan mampu menambah selera makan.

Ikan Teri Medan

Sebelum mengolah ikan teri, ikan teri yang sudah dibeli perlu dibersihkan terlebih dahulu. Tips mencuci ikan teri sebelum diolah. Kamu bisa membersihkan ikan teri menggunakan saringan dan mencucinya di bawah air mengalir. Selain itu, cara membersihkan ikan teri sebelum dimasak dapat dengan cara merendam ikan teri pada air panas.

Setelah ikan teri bersih, kamu dapat langsung mengolahnya. Atau dapat juga disimpan pada wadah kedap udara dan masukkan ke dalam lemari es.

Lihat Juga: Kandungan Gizi Jeruk Nipis dan Khasiatnya

Itulah tadi 3 macam teri yang sering kita jumpai saat berbelanja. Antara teri gilig, gundul, dan medan dapat dilihat perbedaanya melalui bentuknya. Pemilihan ikan teri sebagai olahan masakan hari ini perlu disesuaikan juga dengan selera. Apakah suka agak berdaging atau yang super kriuk. Atau apakah suka dengan teri yang super kecil seperti ikan teri medan.

Leave A Comment