Minuman Punch
Uncategorised

Minuman Punch, Sajian yang Menyegarkan

menuramadhan.com

Punch adalah sebuah nama minuman yang pertama kali ada di India. Menurut cerita sejarah, minuman ini dibawa ke Inggris dari India oleh para pelaut sekitar awal abad ke – 17. Selanjutnya, dari sana diperkenalkan ke negara – negara Eropa lainnya, hingga pada akhirnya menyebar ke berbagai wilayah termasuk Indonesia. Karena kondisi alam dan ragam masyarakat yang berbeda di setiap daerah, minuman ini juga mengalami adaptasi. Sehingga, terbentuklah variasi menu minuman punch ini.

Sekarang, minuman ini sering dijadikan pelengkap pesta yang biasanya disajikan dalam mangkuk besar. Bahkan, jenis minuman ini sering menjadi pelengkap sajian menu di kafe, selain itu juga banyak dijumpai pada menu minuman di berbagai rumah makan.

Apa itu Minuman Punch?

Minuman Punch

Punch berasal dari bahasa hindi yang berarti lima. Mengapa lima? Karena pada awalnya minuman ini terbuat dari lima bahan yang terdiri dari lemon, gula, air, teh/ rempah – rempah, dan alkohol. Berkembangnya resep minuman ini ke berbagai wilayah, termasuk Indonesia membuat resep minuman punch mengalami adaptasi. Misalnya di Indonesia yang mayoritas muslim, resep biasanya dibuat tanpa menyertakan alkohol

Sekarang, definisi umum untuk punch adalah aneka minuman yang pada umum mengandung buah atau jus buah, baik non – alkohol dan alkohol. Variasi minuman ini di Indonesia biasanya tidak menyertakan alkohol di dalamnya. Sebagai pengganti, biasanya pada resep minuman ini ditambahkan soda. Kombinasi buah dan soda yang menyegarkan akan menarik penikmatnya untuk kembali meminumnya lagi.

Jenis – Jenis Minuman Punch

Kini, jenis minuman ini banyak menjadi pelengkap sajian menu di cafe maupun restoran. Warna dan tampilan pada minuman yang menarik, ditambah kombinasi segar dari rasa buah dan soda membuat minuman ini menjadi favorit bagi beberapa orang.

Jenis – Jenis minuman ini dibedakan dari komposisi buah yang digunakan dalam pembuatannya. Jenis buah yang bisa digunakan dalam membuat minuman ini adalah lemon/jeruk, strawberry, nanas, markisa, dan lain sebagainya. Berbagai jenis buah yang digunakan membuat minuman ini memiliki berbagai nama. Penamaan minuman biasanya disesuaikan dengan jenis buah yang digunakan. Misanya, Fruity Lemon Punch, Punch Peach Passion, dan berbagai jenis aneka punch lainnya.

Aneka Minuman Punch

Minuman punch sangat cocok untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh. Proses pembuatan yang sederhana dan perlengkapan untuk membuatnya juga mudah ditemukan menjadi alasan yang tepat untuk selalu menyertakan minuman menyegarkan ini di pesta, atau tepat juga untuk menemani hari kerja Anda.

Leave A Comment