Perbedaan Selasih dan Chia Seeds
Tips Sehat

Perbedaan Selasih dan Chia Seeds

menuramadhan.com

Selasih dan chia seeds adalah dua jenis biji yang dapat dimakan. Selasih dan chia seeds disebut-sebuat bagus untuk kesehatan. Manfaat utama dari keduanya adalah untuk meningkatkan imun tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Dua jenis biji ini sekilas terlihat berbeda, nyatanya biji selasih berbeda dengan chia seeds. Perbedaan selasih dan chia seeds dapat dikenali melalui bentuk biji dan warna. Perbedaan lain antara selasih dan chia seeds terdapat pada cara mengkonsumsi dan kandungan nutrisinya.

Perbedaan Selasih dan Chia Seeds
sumber gambar: pinterest

Biji selasih dapat dikonsumsi setelah direndam air, sedangkan chia seeds dapat dikonsumsi secara langsung. Cara konsumsi selsih dan chia seeds biasanya digunakan sebagai bahan campuran aneka jenis es, smoothies, puding, salad, dan lain sebagainya. Apa yang tepat sebagai bahan campuran salad? Apa yang tepat digunakan sebagai campuran es? Ayo cari tahu melalui ulasan perbedaan ke di bawah!

Baca Juga: 7 Resep Infused Water untuk Kesegaran Tubuh

Chia Seeds (Biji Chia)

Chia seeds atau biji chia adalah biji-bijian yang dapat dimakan dari tanaman Salvia hispanica. Tanaman ini termasuk dalam tumbuhan herbal yang berbunga. Asal tanaman ini dari negara Amerika Tengah seperti Mexico, Bolivia, dan Guetamala.

Bentuk chia seed adalah kecil dan oval dengan diameter sekitar 2 mm. Chia seeds dapat memiliki warna putih-keabuan, coklat, hitam, atau campuran dari keempat warna tersebut. Salah satu perbedaan selasih dan chia seeds yang menonjol dapat diketahui dengan cara merendamnya. Saat direndam, chia seeds dapat menyerap hingga 12 kali dan membentuk lapisan gel cukup tebal dan lengket.

Minuman kental dari rendaman air dan chia seeds dapat membuat tubuh terasa kenyang sehingga mengurangi nafsu makan.

Cara Membedakan Selasih dan Chia Seeds

Chia seeds dapat dikonsumsi mentah secara langsung sebagai taburan untuk salad, puding, atau roti. Selain itu, chia seeds juga dapat dikonsumsi setelah direndam terlebih dahulu. Chia seeds juga dapat dihancurkan bersama bahan lain saat pembuatan smoothies/shakes.

Kandungan nutrisi dalam chia seeds meliputi antioksidan, serat, protein, dan kalsium.

Khasiat utama dari chia seed sebagai makanan dengan sumber energi. Biji chia dapat digunakan sebagai penambah energi untuk menjaga kekuatan dan stamina. Chia seeds juga diketahui mempunyai manfaat untuk menjaga kestabilan gula darah bagi penderita diabetes tipe 2 yang dikonsumsi bersama makan sehat lainnya (sumber: halodoc). Manfaat lain dari biji chia adalah membantu menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung.

Baca Juga: Bubur Candil yang Cocok untuk Takjil Hari Ini!

Biji Selasih (Basil Seeds)

Biji selasih berasal dari tumbuhan selasih, tanaman herbal yang berbunga dengan nama ilmiah Ocimum basilicum. Sekilas tanaman pemnghasil biji selasih mirip dengan kemangi yang sering digunakan untuk lalapan. Nyatanya, kedua jenis tanaman ini berbeda. Kedua tanaman ini dapat dikenali dari warna bunganya, bunga tanaman selasih berwarna ungu sedangkan bunga kemangi berwarna hijau.

Biji Selasih dan Chia Seeds

Bentuk biji selasih sangat kecil, seperti wijen dengan warna hitam. Dalam rendaman air, biji selasih akan mengembang lebih cepat dan besar dari chia seeds.

Selasih tidak dapat dimakan mentah secara langsung, selasih perlu direndam terlebih dahulu sebelum dimanfaatkan. Biji selasih yang terendam juga akan membentuk lapisan gel yang kental, lebih tebal dari lapisan gel chia seeds. Rendaman biji selasih dapat dikonsumsi sebagai campuran aneka jenis es campur atau puding.   

Biji selasih dikenal mempunyai efek pendinginan dan pengisiannya. Sama seperti chia seeds, selasih juga dapat membantu program diet untuk menurunkan berat badan. Kandungan nutrisi dalam selasih meliputi serat, mineral, dan zat besi.

Baca Juga: Ketupat Sayur

Tabel Pembanding Perbedaan Selasih dan Chia Seeds

Selasih dan chia seeds dapat dibedakan berdasarkan asal tumbuhan penampilan, cara konsumsi, dan kandungan nutrisi. Sebagaimana diketahui bahwa biji selasih berasal dari tumbuhan Ocimum basilicum, sementara chia seeds dari Salvia hispanica. Biji selasih memiliki bentuk oval-bulat dengan ukuran kecil seperti wijen, berwarna coklat. Sedangkan chia seeds memiliki bentuk oval dengan warna putih-abu, coklat, hitam, atau campuran dari warna-warna tersebut. Kandungan nutrisi dari dua jenis biji ini pun memiliki perbedaan.

Secara ringkas, perbedaan selasih dan chia seeds dapat dilihat melalui tabel di bawah.

Tabel Perbedaan Selasih dan Chia Seeds

Meskipun terdapat perbedaan selasih dan chia seeds, keduanya sama-sama bapat dikonsumsi dan dapat bermanfaat bagi tubuh. Satu kata yang tepat untuk mewakili selaih adalah royal, sedangkan chia adalah kekuatan. Itulah tadi ulasan perbedaan selasih dan chia seed, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara Sederhana Masak Kwetiau Goreng

Leave A Comment